Jenis-Jenis Kucing

Kucing adalah makhluk tuhan yang paling lucu se-dunia. Mereka adalah hewan peliharaan yang sangat di-cinta-i manusia. “Si Kucing”, juga dikenal sebagai “House Cat” (kucing rumah), mereka adalah mamalia karnivora kecil yang disayangi oleh manusia, tentu saja sebagai sahabat, mereka juga membantu manusia dengan menggunakan kemampuannya untuk berburu hama-hama (tikus, cicak, dan kecoa) di rumah. Kucing telah hidup bersama dengan manusia selama kurang lebih 9.500 tahun lamanya, dan saat ini kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia.
Berikut ini, adalah kucing-kucing yang paling populer di dunia, silahkan melihat-lihat…
1. Kucing Persia

Kucing Persia adalah kucing yang berbulu halus-panjang dengan wajah bulat dan moncong yang pendek. Inilah kucing nomor satu paling populer di dunia, karena kucing ini sangat setia pada majikan-nya. Kucing Persia adalah kucing yang berasal dari Persia (Iran). Sejak Abad ke-19, kucing ini adalah peliharaan yang paling mewah, yang saat itu di populerkan oleh Inggris dan Amerika saat PD II.
Kucing ini tergolong kucing yang sangat cantik, yang mempunyai bulu tebal dan halus yang manarik, mereka sering me-ngeong jika pemiliknya pulang ke rumah. Kucing ini terkenal sangat manja, jarang manusia yang di dekati-nya tidak menuruti permintaan kucing Persia ini.
Kucing ini senang makan ikan tuna, salmon dan minum susu.
2. Kucing Savannah

Kucing Savannah memiliki keturunan dari kucing besar (macan), yang bertubuh tinggi, ramping dan memberikan ukuran penampilan yang lebih besar dari kucing rumah lainnya. Kucing Savannah mempunyai kesetiaan hampir sama dengan anjing, dan mereka akan mengikuti pemiliknya di sekitar rumah dan berjaga-jaga seperti anjing. Mereka dapat dilatih untuk melakukan sesuatu seperti duduk, tidur, dan melompat. Kucing Savananah sangat ramah dengan orang-orang baru, sedangkan kucing yang lain mungkin akan lari, bersembunyi atau mendesis dan menggeram ketika melihat orang asing.
Yang paling di sukai dari kucing Savannah adalah kemampuan untuk melompat tinggi, dan juga sangat ingin tahu (mereka dapat belajar sendiri bagaimana caranya membuka pintu dan lemari), dan Kucing Savannah tidak takut air.

3. Kucing Siam (Siamese Cat)

Kucing Siam atau “Siamese Cat” adalah kucing jenis kucing campuran, yang pasti asal-usul keturunannya tidak diketahui, tetapi diyakini dari Asia Tenggara.
Kucing Siam mempunyai rambut (bulu) yang pendek, mengkilap, halus dan lembut dan sering tampil elegan, ramping, bergaya, fleksibel dan memiliki tubuh yang berotot, karena kucing ini selalu ingin menjadi pusat perhatian.
Jika kita mengabaikan-nya, kucing ini akan me-ngeong dengan suara yang serak dan sangat mengganggu, karna kucing ini sangatlah cerdas. kucing ini sangat senang sekali jika di belai, dan cendrung hanya dekat dengan 1 (satu) orang saja (pemilik-nya).

4. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon mempunyai struktur tulang yang besar, bentuk tubuh persegi yang panjang. Mereka memiliki beberapa warna dan tergolong sangat cerdas. Kucing Maine Coon jantan memiliki berat rata-rata 12-18 kilogram, dan berat betitanya berkisar 10-14 kilogram. Kucing ini juga manja dengan rambut (bulu) panjang, tapi tidak sepanjang dan selembut kucing Persia. Kucing ini juga tergolong setia, dan sangat senang dengan anak-anak, kita sering melihat mereka tidur bersama anak-anak.

5. Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian di duga berasal dari Mesir, tapi asal usul mereka sebenarnya adalah keturunan kucing Shorthair, yaitu keturunan kucing di Amerika. Rambut (bulu) mereka lumayan panjang, lebat, dan halus bila disentuh. Kucing Abyssinian juga suka menarik perhatian manusia, dengan memiliki warna rambut (bulu) dasar tiga atau empat warna yang gelap dan rambut (bulu) ekor yang terang, dan mengibaskan-nya ke hadapan wajah manusia ketika di gendong. Kucing Abyssinians sangat aktif, sibuk dan senang bermain, dan tergolong kucing yang manja.

6. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah salah satu kucing peliharaan terbesar dengan tubuh yang ber-otot, proporsional pada paha dan kaki-nya. Kucing ini mempunyai mata biru dan bulu bercampur yang berbeda, didukung dengan kelembutan bulu putih yang halus. Kucing ini di promosikan pertama kali oleh pemuda Amerika bernama Ann Baker. Dan yang menarik dari kucing ini adalah ke-patuh-an dan sifatnya yang sangat tenang.

7. Kucing Eksotik (The Exotic Cat)

Kucing ini adalah hasil dari per-kimpoi-an silang kucing Shorthair dengan kucing Persia di Amerika Serikat sekitar tahun 1960. Jadi, lahirlah kucing dengan nama Kucing Exotic. Kucing Exotic ini memiliki kepribadian yang lembut dan tenang yang mengingatkan pada Persia, sikap ke-ingin tahu-an-nya dan suka sekali bermain, tergolong kucing yang ramah pada anak-anak, kucing lain dan anjing juga. Kucing ini jarang me-ngeong, dan kucing ini tidak suka ditinggal sendirian di kamar atau di rumah.

8. Kucing Burma (Burmese Cat)

Kucing Burma mempunyai warna mata emas atau kuning. Kucing ini adalah hasil per-kimpoi-an silang dari kucing Siam dan Persia, dan mengadopsi sedikit warna biru (aqua) atau hitam dari kucing Siam, dan mempunyai rambut (bulu) yang mengkilap seperti sutra. Seperti kebanyakan kucing berambut pendek, mereka tidak memerlukan perawatan extra, cukup merawatnya dari makanan yang bagus. Suara (ngeong) kucing Burma sangat mirip kucing Siam pada umumnya, dan sangat setia juga.

9. Kucing Manx

Kucing Manx adalah jenis kucing rumahan (kucing kampung) biasa yang memiliki ekor yang lebih pendek. Kucing Manx sangat suka berburu tikus, cicak dan kecoa, dan suka menangkap tikus di saat mereka berumur 1 tahun. Kucing Manx sering terlihat di perternakan, karna kucing ini sering memangsa hewan pengerat (tikus). Kaki belakang kucing Manx lebih panjang dari kaki depan-nya, menciptakan lengkungan yang berkesinambungan dari bahu ke pantat, yang memberikan penampilan bundar. Telinganya lebih kecil dari pada kebanyakan kucing lain.

10. Kucing Mesir (Sphynx Cat)

Kucing Sphynx aslinya berasal dari Mesir yang sebetulnya memiliki warna asli hitam pekat. Kucing ini hanya mempunyai sedikit rambut (bulu) dan mempunyai tekstur kulit yang lembut. Kucing ini suka sekali tidur dengan pemiliknya di bawah selimut, untuk mendapatkan kehangatan. Kucing ini mempunyai energi yang tinggi, kecerdasan, rasa ingin tahu, dan manja kepada pemiliknya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: